Ini Alasan Superman dan Batman Celana Dalamnya Berada di Luar

Celana dalam Superman dan Batman menjadi olok-olok sepanjang masa di seluruh dunia. Dari manakah ide pakaian ini muncul? Di Amerika Serikat, salah satu jawaban dari olok-olok tersebut adalah karena para kedua pahlawan super ini kehilangan orang tua mereka saat masih kecil, hingga tak ada yang memberi tahu mereka bahwa celana itu harus dipakai di bagian dalam, bukan di luar.

Tapi itu bukanlah jawaban yang sebenarnya. Menurut Julius Schwartz, editor ternama yang bekerja untuk DC Comics dari tahun 1944 hingga 1986, model baju para pahlawan super ini diambil dari model para pemain sirkus dan pegulat pada masa tersebut. Perlu diketahui bahwa para pegulat, pemain sirkus, dan pahlawan super ini sebenarnya tak memakai celana dalam di luar, melainkan celana pendek ketat, yang dipakai di atas legging mereka.

Karena para pahlawan super ini memiliki tubuh atletis yang mengagumkan serta mampu melakukan atraksi akrobatik sambil melawan kejahatan, pada masa itu wajar saja jika para pencipta karakter pahlawan super ini mengadopsi pakaian yang digunakan oleh pemain sirkus dan pegulat tersebut.

Selain Superman dan Batman, pahlawan super generasi awal yang juga mengenakan model pakaian serupa adalah Flash Gordon yang diciptakan pada 1934, demikian lansir National Geographic. Sebagai informasi, karakter Superman diciptakan oleh seniman Kanada bernama Joseph 'Joe' Shuster pada tahun 1932. Sedangkan Batman dibuat oleh komikus asal AS, Bob Kane, pada tahun 1939. (inilah)




Home