Tips Memperluas Jangkauan Sinyal Wi-Fi

Kamu punya jaringan nirkabel (WIFI) di rumah, kosan, kampus atau kantor, tapi jangkauannya nanggung alias nggak bisa luas. Alhasil saat kamu bergeser menjauh sedikit saja dari access point, sinyal langsung berkurang, kecepatan transfer data pun langsung melambat. Lantas, ada nggak sih cara membuat jangkauan sinyal WIFI kamu lebih luas? TP-Link membagikan 4 tips buat memperluas sinyal nirkabel kamu. Ini dia mereka:

1. Optimalkan posisi perangkat wireless router
Perangkat wireless router kamu sebaiknya diletakkan di ruangan yang terbuka dan jauh dari perangkat elektronik lainnya. Hal ini karena sinyal dari perangkat elektronik lain dapat mengganggu sinyal Wi-Fi sehingga mengurangi jangkauan Wi-Fi nya.

2. Upgrade perangkat router Wi-Fi
Kalau Wi-Fi di rumah kamu lemah dan tidak dapat mencakup seluruh ruangan, mungkin kamu perlu mempertimbangkan mengganti perangkat wireless router dengan wireless router yang baru. Teknologi wireless router sekarang telah masuk ke standar AC dimana telah menggunakan frekuensi 5GHz. Produsen wireless router seperti TP-LINK memiliki produk Archer C9 yang memiliki teknologi beamforming yang memiliki jangkauan yang luas dan cepat.

3. Pakai 2 frekuensi 2.4Ghz dan 5Ghz
Kalau wireless router kamu sudah menggunakan teknologi AC, maka sebaiknya mengaktifkan kedua frekuensinya untuk performa yang lebih baik. Banyaknya perangkat yang menggunakan frekuensi 2.4GHz mengakibatkan jangkauan Wi-Fi yang pendek sedangkan frekuensi 5GHz lebih bersih sehingga jangkauan Wi-Fi bisa lebih jauh.

4. Pakai Range Extender
Terkadang rumah yang terlalu luas atau terlalu banyak sekat, agak sulit ditembus maupun dijangkau oleh wireless router terbaik sekalipun. Maka dari itu perlu perangkat tambahan seperti Range Extender. Belakangan ini Range Extender banyak dicari pengguna karena kemampuannya untuk memperluas jangkauan Wi-Fi serta mudah dalam pemasangannya.Contohnya, TP-LINK RE200 adalah Range Extender 5GHz yang dapat memperjauh sinyal Wi-Fi di rumah Anda yang sekarang dan pemasangan yang kurang dari 2 menit menjadikannya banyak digunakan.

Nah itu beberapa tips yang bisa kamu ikuti. Semoga sinyal nirkabel kamu sekarang bisa menjangkau satu RT. (pcplus)




Home