Trik Agar Cepat Melupakan Mantan

Beberapa orang masih terlena dengan perasaannya terutama yang baru putus cinta. Ketika sudah menikah pun, tak sedikit pasangan yang belum bisa melupakan mantan kekasih, entah karena terlalu banyak kenangan atau perasaan yang belum bisa move on. Saat sudah memiliki pria baru, Anda harus bisa melupakan mantan kekasih sehingga tidak merasa gelisah setiap kali mengingat masa lalu. Berikut tips agar cepat lupa dengan mantan pacar.

1. Maafkan Mantan Pacar
Banyak pasangan yang telah berpisah menjadi benci satu sama lainnya, entah karena disakiti atau tak terima dengan keputusan tersebut. Berawal dari saling menyayangi, kini menjadi benci dan marah jika mendegar namanya atau bahkan bertemu. Jika Anda juga termasuk pembenci mantan, mungkin saja dilubuk hati terdalam Anda masih sering memikirkan dan mengharapkan dirinya lagi.

Oleh sebab itu, psikolog sekaligus konsultan cinta Wolipop, Ratih Ibrahim menyarankan agar Anda segera memaafkan mantan pacar. Ini merupakan salah satu cara agar cepat melupakannya. Tak hanya Ratih, psikolog klinis Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd, juga menuturkan hal serupa.

"Kalau kita benci banget sama mantan kemungkinan besar masih sayang itu iya. Kalau kita sudah bisa maafin berarti sebenarnya sudah nggak ada apa-apa. Memaafkan orang fungsinya buat kesehatan mental kita," tutur psikolog yang akrab disapa Diana itu.

2. Pikirkan Pria Lain
Ketika sudah memiliki kekasih baru apalagi telah menikah, pikirkan pria yang kini bersama Anda. Jangan terbawa perasaan dan kemudian memikirkan mantan kekasih sepanjang waktu. Alihkan perhatian kepada pasangan Anda saat ini agar cepat melupakan si dia yang sudah menyakiti Anda. Ingat, mantan kekasih adalah masa lalu yang tidak perlu dikhawatirkan di masa depan.

3. Jujur dengan Pasangan yang Baru
Untuk membantu Anda cepat melupakan mantan, jujur saja dengan pasangan kalau beberapa hari ini sering memikirkan masa lalu. Mungkin Anda masih ada rasa penasaran dam keingintahuan yang belum terjawab waktu itu sehingga ingin memastikannya. Bicarakan secara baik-baik dengan pasangan dan minta solusi terbaik.

"Bicarakan hal itu baik-baik dengan pasangan. Apabila diperlukan, kamu bisa mencoba menemui mantan pacar untuk menyelesaikan urusan yang belum selesai tersebut. Dengan demikian, kamu akan merasa lebih lega setelah mendapatkan jawaban yang selama ini kamu cari," saran Ratih.

4. Ingat Kenangan Manis dengan Pasangan
Tidak perlu lagi mengingat mantan kekasih ketika sudah memiliki pria baru. Ketika teringat masa lalu, alihkan ingat tersebut terhadap kenangan manis Anda bersama pasangan saat ini. Bila perlu, Anda bisa meminta saran dengan teman terdekat atau bantuan psikolog. (wolipop)


Home