Tips Menghadapai Pacar yang Suka Ngatur

Punya pacar itu berjuta rasanya. Pas awal-awal jadian, waaa.... Hati ibarat taman. Isinya kembang semua! Tapi lain cerita kalau punya pacar tukang ngatur.

Ngatur sih nggak apa-apa. Tapi kalau kadarnya berlebihan? Misalnya, pacar mewajibkan kita mengantar dan menjemputnya ke mana aja dan di mana aja. Atau, pacar melarang kita bergaul dengan si anu..., si itu..., cuma karena dia nggak suka sama mereka. Atau (lagi), setiap mau jalan bareng, pacar yang selalu nentuin mau jalan ke mana dan kita harus dandan kayak gimana.

Nah, kalo semua peraturannya ini nggak diikuti, yang ada jadinya perang! Sementara akhir dari perang tersebut belum tentu imbang dan bikin kedua belah pihak lega. Maksudnya, bisa jadi kita merasa terpaksa ngalah, dengan pertimbangan nggak mau kelamaan perang.

Kalau sikonnya udah begini, pacaran jadi menyiksa kan? Pengen putus, tapi masih sayang. Nggak putus, tapi tekanan batin!  

Upss, sabaaaar.... Masih banyak cara buat menyelamatkan hubungan! Dengan banyak usaha dan lebih banyak lagi tawakal, mari kita bikin pacar sadar dan menghilangkan kebiasaan jeleknya itu


Tanyain kenapa
Tau nggak, kebiasaan pacar yang suka ngatur-ngatur itu sebenernya nggak bakal tumbuh subur kalo nggak kita biarkan. Umumnya, pacar jadi lose control karena kita cenderung mengikuti kemauannya, tanpa melakukan “perlawanan”.

So, setiap kali dia mulai ngatur-ngatur, nggak ada salahnya kok kita bertanya kenapa kita harus mengikuti kata-katanya? Ajak dia ngobrolin hal ini supaya bisa saling menghargai perasaan dan pikiran masing-masing. Asal cara nanya dan ngajak ngobrolnya nggak pake emosi, semua pasti aman!


Bikin kesepakatan
Bikin kesepakatan dengan pacar. Sampe seberapa jauh dia bisa ngatur kita, dan sampe seberapa jauh kita harus nurutin aturan-aturannya. Terus, tujuan diberlakukan aturan-aturan itu juga musti jelas. Buat kebaikan kita atau cuma buat kepuasan pribadi dia aja?

Satu lagi, bola nggak selalu berada di tangan dia! Artinya, bukan dia doang yang boleh ngatur-ngatur. Kita juga punya hak yang sama, boleh ngatur-ngatur dia. Tapi lagi-lagi dengan tujuan yang bener, yaitu ingin memperbaiki kekurangan-kekurangan yang dimilikinya.


Ajak diskusi
Banyak penyebab pacar berubah jadi tukang ngatur. Bisa karena sayang berlebih, bisa karena terpengaruh temen-temennya yang punya pandangan salah tentang cara memperlakukan pacar, bisa karena imbas cemburu, atau bisa juga karena terlalu idealis. Yang mana pun penyebabnya, yang harus kita lakukan adalah membuka isi otaknya.

Ajak pacar berdiskusi tentang hubungan-hubungan pacaran yang sehat dan yang nggak sehat. Bakal lebih baik lagi kalo acara diskusi itu juga dilengkapi dengan contoh: gimana hubungan dan sikap pacar si A, gimana hubungan dan kelakuan pacar si B.... Terakhir, bikin kesimpulan berdua. Mau dibikin kayak gimana hubungan ini, dan harus gimana masing-masing bersikap serta memperlakukan pacar.


Ancam sedikit
Ini jurus pamungkas! Siapa tau setelah diancem sikapnya jadi nggak sembarangan lagi. Secara ada cinta di antara dua hati, kalo ditinggal pergi pasti sakit bukan?  

Tapi, jangan keseringan lho. Soalnya kalo dikit-dikit main anceman, lama-lama jadi nggak ada artinya tuh. Nggak bakal bikin pacar mikir, apalagi tobat! Anceman cuma tepat dikeluarin kalo aturan yang diberikan pacar bener-bener kelewatan dan sama sekali nggak masuk akal. Misalnya, disuruh nungguin kucingnya buang hajat, kalo nggak mau entar nggak dikasih cium. (hai-online)


Home