Inilah Efek Samping Anak-anak yang terlalu Sering Mandi

Jika anak-anak usai beraktivitas lalu tubuhnya berkeringat dan kotor memang harus segera diajak mandi. Tapi ingat, dalam sehari kita jangan terlalu sering memandikan mereka lebih dari tiga sehari. Lantas, apa efek sampingnya?

Dokter Spesialis Anak Dr dr Soedjatmiko SpA(K) MSi mengatakan, jika anak-anak kita usai bermain dan tubuhnya kotor harus segera dibersihkan. Jika tidak, akan banyak sekali risiko bahaya yang akan terjadi.

“Setelah anak-anak bermain, lalu tubuhnya berkeringat dan kotor harus dibersihkan. Karena kalau dibiarkan bisa infeksi dan tumbuh jamur,” ujar dr Soedjatmiko dalam acara Peluncuran Johnshon Active Fresh Shampoo di Lotte Avenue Mall, Kuningan, Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Bukan hanya itu, jika orangtua salah memilih produk sampo dan sabun juga akan menyebabkan kulit anak-anak iritasi dan menganggu metabolisme kulit. Hal ini tentu akan menjadikan tumbuh kembang fisik mereka tidak maksimal.

“Kalau sering menggunakan produk sabun atau sampo terlalu asam atau pekat, akan mengiritasi kulit, mengikis lemak rambut dan lemak kulit, sehingga mengganggu metabolisme kulit,” lanjutnya

Dalam sehari, orangtua pun hanya boleh membiasakan anak-anak mandi dalam waktu maksimal tiga kali sehari dengan selang waktu empat sampai enam jam, sesuai dengan siklus aktivitas berlajar dan bermain, serta istirahat mereka. (okezone)


Home