Inilah Manfaat Makan Sayur bagi Kesehatan

Selama ini konsumsi sayur-sayuran yang kaya akan serat dan gizi lainnya lebih identik dengan kesehatan pencernaan dan mata. Namun rupanya selain itu, konsumsi sayuran juga bermanfaat bagi indra pendengaran lho.

Para peneliti dari University of Florida telah menemukan bahwa orang yang rajin mengonsumsi sayur dan buah-buahan lebih kecil risikonya untuk memiliki gangguan pendengaran kelak.

"Sistem pendengaran terkait dengan kesehatan umum secara keseluruhan. Sistem ini bergantung pada sistem kardiovaskular, saraf dan kesehatan metabolisme. Oleh sebab itu, jika tubuh secara keseluruhan dalam kondisi tak baik maka sistem pendengaran juga bisa semakin rentan," papar Dr Christopher Spankovich, seperti dikutip dari berbagai sumber

Dalam studi terakhirnya, Spankovich menemukan bahwa semakin tinggi kebiasaan seseorang untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan, maka semakin baik fungsi pendengarannya.

Ditemukan bahwa responden yang mengonsumsi sayur-sayuran juga disebutkan memiliki respons pendengaran yang lebih baik terhadap suara bising, jika dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsi makanan sehat.

Oleh sebab itu, untuk menjaga sistem pendengaran tetap sehat hingga tua, yuk konsumsi buah dan sayur-sayuran lebih banyak. Sebaliknya, hindari asupan berlebihan dari makanan berlemak, berkolesterol dan bergula terlalu tinggi. (detik)




Home