Tips Menghilangkan Jerawat dengan Cara Alami

Jerawat membandel kadang membuat seseorang jadi tidak percaya diri dengan penampilannya. Mengunjungi dokter kulit merupakan salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Tapi, sebelum memutuskan menemui dermatolog, tidak ada salahnya coba mengatasinya dengan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di dapur Anda, seperti dikutip dari laman Health.

1. Aspirin

Bahan aktif dalam aspirin adalah asam salisilat, bahan yang biasa ditemukan dalam berbagai produk obat jerawat.

"Hancurkan satu butir aspirin, campurkan dengan air hingga berupa pasta, " saran Debra Jaliman, MD, dokter kulit asal New York yang juga penulis buku Skin Rules.

"Oleskan pasta di tempat tumbuh jerawat dengan kapas dan biarkan 10 menit. Bilas dengan air hangat," tambahnya.

2. Tea tree oil

"Minyak tea tree adalah antiseptik dan antiradang yang bersifat ringan," ujar Jessica Krant, MD, Assistant Clinical Professor of Dermatology di SUNY Downstate Medical Center.

Bubuhi kapas dengan beberapa tetes tea tree oil lalu oleskan perlahan pada jerawat. "Biarkan selama beberapa jam atau sepanjang malam," saran Dr. Jaliman.

3. Es

Es bisa meredakan bengkak ketika pergelangan kaki terkilir. Artinya es juga bisa mengurangi peradangan pada jerawat, jelas Dr. Jaliman.

"Bungkus es dengan kain lalu tempelkan pada jerawat selama satu menit," ucapnya.

"Es akan menyempitkan pembuluh darah dan meredakan kemerahan dan bengkak pada jerawat," tandasnya.

4. Cuka Apel

Anda bisa membuat toner sendiri. Caranya, siapkan cuka apel dan air dengan perbandingan satu banding tiga atau empat. Cairkan satu bagian cuka apel dengan tiga bagian air (gunakan perbandingan 4 bagian air jika Anda memiliki kulit sensitif). Oleskan campuran ini pada seluruh wajah dengan kapas.

"Campuran ini akan membunuh semua bakteri di permukaan wajah, serta bisa menjadi peeling kimia ringan," ucap Dr. Krant.

Cuka apel mengandung asam sitrat (AHA) yang biasa terdapat pada produk perawatan kulit berjerawat.

5. Sari lemon

Sama seperti cuka apel, sari lemon juga mengandung asam sitrat. Menurut Dr. Jaliman, sari lemon mengandung L-ascorbic acid, astringent dan antioksidan alami.

"Usapkan pada jerawat dengan kapas dan biarkan semalaman," saran dia.

6. Bawang putih

Bawang putih memiliki banyak khasiat, termasuk sebagai obat jerawat.

"Bawang putih memiliki zat antiseptik dan antibakteri ringan yang bisa mengobati jerawat," kata Dr. Krant.

Bawang putih yang dihancurkan mengandung allicin, senyawa antibakteri. Dr. Jaliman menyarankan, membuat pasta dengan mencampurkan bawang putih yang dihaluskan bersama air untuk meredakan radang pada jerawat. Oleskan pasta pada jerawat dan biarkan selama 5 menit.

7. Putih telur

"Putih telur adalah rahasia kecantikan sejak dahulu kala," kata Dr. Krant.

"Protein dan vitamin pada putih telur membantu mengencangkan dan mengurangi kadar minyak di kulit wajah. Hal ini membantu membersihkan pori-pori kulit dan mengurangi inflamasi," tambah Dr. Jaliman.

Jaliman merekomendasikan untuk mengoleskan putih telur di area wajah yang berjerawat dan biarkan 10 menit sebelum membilasnya dengan air. (liputan6)




Home