Inilah Beberapa Pebyebab Mimisan

Tak banyak orang tahu apa yang menyebabkan mimisan terjadi. Menurut Dokter Rahajeng dari Meetdoctor, referensi medis menyatakan bahwa berbagai penyebab mimisan dibagi menjadi dua bagian, yaitu lokal dan sistemik.

Penyebab lokal yang tersering adalah karena trauma, infeksi, tumor ganas dan kelainan bawaan. Pembuluh darah hidung memang tergolong rapuh dan mudah pecah yang dipicu oleh beberapa faktor, yang paling sering adalah trauma pada hidung, udara yang panas, atau kelelahan (seperti yang terjadi pada Anda).

Lalu apakah wanita yang sedang hamil muda, tiba-tiba ada gejala keluar darah dari hidung, ini berbahaya? “Tergantung seberapa banyak darah yang keluar. Bila darah hanya sedikit-sedikit dan dapat berhenti, maka kemungkinan hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan,” ujarnya.

Diterangkan pula, menghirup udara yang kering di ruangan ber-AC juga bisa sebabkan mimisan. Ia juga dapat terjadi akibat cuaca panas atau penyakit seperti hipertensi, tumor, atau kemasukan benda asing.

Pada umumnya mimisan tidak dapat dihindari, namun risiko terjadinya bisa dikurangi, dengan menghindari penyebab dan pencetus mimisan itu sendiri.(viva)




Home