Inilah Penyebab Memory Card Tak Terbaca di Ponsel

Seiring dengan usia ponsel, biasanya muncul beberapa permasalahan yang berkaitan dengan ponsel tersebut. Salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh pengguna ponsel yakni MMC atau memory card yang tak terbaca.

Penyebab memory card tak terbaca tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor seperti virus atau system error. Tentunya hal tersebut membuat beberapa pengguna merasa kesal karena tak dapat mengakses file yang disimpan pada ponsel.

Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut? Berikut ini tips dan trik memory card tak terbaca ponsel, sebagaimana diramu dari buku berjudul “Cara Pinter Betulin Hape”.

System Error
Alasan memory card tak terbaca ponsel bisa disebabkan oleh memory card mengalami kerusakan atau system error. Hal ini biasanya terjadi pada memory card yang kurang berkualitas. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda hanya perlu mengambil memory card dari ponsel, lalu gunakan card reader untuk melakukan langkah praktis.

Pertama, setelah card reader terkoneksi dengan komputer, copy data-data yang diperlukan dalam komputer. Setelah itu, format memori card dan kemudian pasca-format, Anda dapat mengisi kembali data yang tersimpan via komputer.

Memori Card Terkunci
Kendala lain yang mengakibatkan memory card tak terbaca dikarenakan Anda lupa password yang telah dimasukkan, sehingga menyebabkan memory card terkunci. Untuk mengatasinya, masuk ke C:systemMMCstore.ini baca mmcstore.ini dengan notepad atau menggunakan aplikasi MMCpwd.sls.

Faktor Virus
Faktor lain yang membuat memory card tak terbaca dikarenakan adanya virus pada memory card. Berbagai macam virus akan terus menerus bermunculan dan menyerang memori, sehingga memori tak dapat berfungsi secara normal. Jika Anda dihadapkan dengan masalah ini, maka cara mengatasinya dengan cara berikan ponsel aplikasi antivirus. Tentunya, aplikasi anti-virus itu harus selalu update.

Ponsel Rusak
Permasalahan pada ponsel biasanya juga turut berpengaruh pada memory card yang tak terbaca. Hal ini biasanya disebabkan oleh sistem ponsel ke bagian koneksi memori tidak berjalan normal. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda dapat melakukan pengecekan arus listrik dengan peralatan multi tester digital dan mengecek arus volt. (okezone)


Home