Cara Sederhana untuk Mencegah Mimisan pada Ibu Hamil

Meskipun dianggap sebagai salah satu kondisi yang wajar terjadi pada ibu hamil, tak dapat dipungkiri mimisan juga kerap mengganggu jika datang terus-menerus. Nah, bagaimana cara mencegahnya?

Seperti disampaikan oleh dr Mahatma Sotya Bawono, SpTHT dari RS Akademik UGM Yogyakarta, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah mimisan pada ibu hamil yaitu:

1. Hindari pemicu alergi
Salah satu faktor penyebab timbulnya mimisan pada ibu hamil adalah karena terjadinya reaksi alergi akan sesuatu hal. Misalnya alergi karena cuaca, makanan, dan bakteri tertentu. Biasanya kondisi ini lebih sering muncul pada ibu hamil yang memang sebelumnya sudah memiliki riwayat alergi.

Saat terpicu alergen, pembuluh kapiler akan terbuka dan menalirkan sedikit darah dari dalam tubuh yang akhirnya keluar melalui hidung yang disebut mimisan.

2. Kurangi paparan udara dingin
Udara dingin yang biasanya didapat dari paparan AC dalam ruangan juga bisa menjadi salah satu pemicu datangnya mimisan. Pada umumnya, suhu yang terlalu ekstrem akan mengakibatkan area hidung menjadi sangat kering dan mudah iritasi, sehingga mimisan pun terjadi.

3. Banyak minum air putih
"Mimisan pada ibu hamil juga bisa terjadi karena dehidrasi," tutur dokter yang akrab disapa dr Bonnie ini kepada detikHealth.

Ditambahkan oleh dr Aida Riyanti, SpOG dari RS Cipto Mangunkusumo bahwa kebutuhan cairan ibu hamil adalah sekitar 300 cc tambahan dari kebutuhan harian. "Jadi kalau orang normal butuh 2,5 liter cairan, ibu hamil butuh sekitar 2,8 liter cairan yang tidak hanya dari air saja tapi juga dari makanan," kata dr Aida.

Jangan anggap remeh, selain memicu mimisan pada ibu hamil, dehidrasi juga bisa menyebabkan berkurangnya air ketuban pada ibu hamil. Hal ini pun berpengaruh pada bayi karena ketika cairan ketuban berkurang, bayi tidak berkembang dengan baik. "Air ketuban kan sebagai bantalan, kalau kurang bayi tidak bisa bergerak maksimal sehingga terjadi deformitas pada kaki misalnya dan terhambat perkembangannya," lanjutnya.

4. Hindari aktivitas yang terlalu melelahkan
Tubuh ibu hamil diketahui menjadi lebih rentan terhadap masalah kesehatan, termasuk jika sebelumnya wanita diketahui sudah sering mengalami mimisan. Saat hamil, mimisan bisa menjadi lebih mudah terjadi. Salah satunya adalah ketika calon ibu tak cukup istirahat dan terlalu lelah. Oleh sebab itu, selama hamil sebaiknya hindari aktivitas-aktivitas harian yang membuat tubuh terlalu lelah ya. (detik)


Home