Inilah kasus yang menyebabkan iPhone mati saat menerima SMS

Masih ingatkah Anda dengan kemunculan SMS yang bisa membuat iPhone langsung hang atau crash mendadak minggu lalu? Apple memang sudah memberikan solusi untuk bug itu, namun mereka tidak menjelaskan mengapa bug itu bisa sangat berbahaya bagi iPhone. Tak pelak, berbagai teori pun bermunculan.

Bug berupa SMS itu tidak hanya membuat iPhone crash, saat sms ini muncul di layar lockscreen, maka iPhone akan melakukan reboot tanpa ada pemberitahuan. Bahkan, setelah aplikasi pesan singkat tidak bisa dipakai setelah iPhone dihidupkan ulang.

Nah, berdasarkan salah satu teori yang paling dipercaya, bug SMS itu terjadi akibat bahasa Arab. Bagaimana bisa?

Mulanya, saat sebuah SMS masuk ke iPhone, sistem operasi iOS akan menampilkan penggalan isi SMS itu untuk ditampilkan bersama notifikasi. Masalah muncul saat SMS itu berisi kalimat dalam bahasa Arab.

Terdapat kemungkinan besar iOS belum bisa memenggal kalimat dalam bahasa Arab dengan benar. Alhasil, saat SMS itu masuk, penggalan kalimat yang ditampilkan dalam notifikasi terlalu panjang dan menyebabkan iPhone crash, Phone Arena (01/06).

Sayangnya, Apple belum mengonfirmasi kebenaran teori itu. Akan tetapi mereka sudah memposting solusi mengatasi SMS bug itu di laman Support mereka.

Langkah pertama, pengguna diminta menggunakan SIRI untuk membaca sms tersebut. Kemudian perintahkan SIRI untuk membalas sms tersebut. Ketika pesan balasan sudah dikirim, maka pengguna iPhone dapat membuka menu pesan. Setelah itu, hapus semua kolom yang berisikan SMS bug tersebut dan iPhone akan kembali bekerja secara normal.

Apple sendiri saat ini menyebutkan jika pihaknya saat ini tengah bekerja untuk menghilangkan bug ini di iOS secara permanen. Kemungkinan update software iOS akan segera diluncurkan dalam waktu dekat untuk menghapus bug tersebut. (merdeka)


Home