Inilah Perilaku Orang Tua yang bisa Mempengaruhi Anak

Seorang anak biasanya akan belajar dari hal-hal di sekitarnya, tak terkecuali soal berperilaku. Untuk itu, sebagai orangtua, penting menjadi panutan agar anak dapat berperilaku baik di dalam keluarga dan masyarakat.

Jika Anda ingin tahu hal apa saja yang dapat diserap dengan cepat oleh anak dari orangtua, berikut adalah empat hal yang kerap kita jumpai sehari-hari menurut lansiran situs Boldsky. Jadi cobalah untuk mengendalikannya.

1. Kemampuan bersosialisasi
Anak akan mengamati bagaimana orangtuanya berosialisasi terhadap orang lain. Berilah contoh yang baik dengan memperlakukan orang lain secara baik. Pasalnya, hal tersebut sangat berpengaruh pada perilaku anak di dalam pergaulan dan masyarakat.

2. Mengendalikan emosi
Bagaimana cara Anda mengendalikan emosi juga menjadi hal yang diperhatikan oleh seorang anak. Contohnya, jika Anda adalah orang yang emosi dan suka berperilaku negatif, anak akan memandang perilaku negatif tersebut sebagai hal yang wajar dan berperilaku seperti itu juga.

3. Hukuman terhadap anak
Hukuman terkadang memang perlu untuk mendisiplinkan anak. Tetapi, ada baiknya Anda dengan bijak menentukan pilihan, bukan hanya menuruti emosi. Jika Anda terlalu agresif, bisa jadi hukuman tersebut malah berimbas pada hal buruk dan bukan sebaliknya.

4. Perilaku kasar
Jangan pernah berlaku kasar baik itu dengan kekerasan verbal maupun non-verbal, terutama di depan anak. Anak dapat dengan mudah mengamati pola perilaku orangtuanya dan mengulanginya baik pada usianya yang dini maupun pada masa depan. Berikan anak Anda contoh yang terbaik karena Anda sebagai orangtua adalah panutan untuk anak. (kompas)


Home