Inilah Makanan yang Bisa Mencegah Heartburn

Kebanyakan orang pernah mengalami rasa sesak dan sensasi terbakar di sekitar dada dan kerongkongan yang sering dikenal dengan sebutan heartburn atau acid reflux. Nah, heartburn merupakan gejala utama dari penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Demikian hal itu disampaikan dokter spesialis penyakit dalam, dr Muhammad Anshory, SpPD atau yang akrab disapa dr Anshory beberapa waktu lalu.

"Berupa rasa nyeri di daerah dada bagian bawah, biasanya dideskripsikan sebagai rasa terbakar, dan kadang dijumpai juga rasa sulit menelan, mual atau rasa pahit di lidah," imbuhnya.

Untuk mengatasinya, selain minum obat, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah heartburn kambuh, seperti dikutip dari Health.com, antara lain:

1. Oatmeal
Oatmeal bukan hanya tentang sarapan terbaik ataupun camilan sehat saja. Oatmeal merupakan makanan rendah lemak dan tinggi serat yang membantu merasa kenyang lebih lama dan mengurangi kemungkinan mengalami masalah refluks.

2. Jahe
Salah satu fitur utama dari acid reflux adalah peradangan di kerongkongan. Sifat antiinflamasi jahe digunakan untuk mengurangi peradangan pada pipa makanan. Jahe juga membantu dalam pergerakan makanan melalui usus, sehingga mencegah terbentuknya gas.

3. Lidah buaya
Lidah buaya dikenal sebagai agen penyembuh alami dan juga mengobati acid reflux. Lidah buaya dapat digunakan dalam resep sebagai pengental dan untuk menarik cairan.

4. Salad
Campuran beragam sayuran ini tidak memicu kenaikan asam lambung, asal tidak ada campuran tomat, bawang, keju dan dressing kaya lemak.

5. Pisang
Pisang disebut sangat baik untuk sistem pencernaan, dengan demikian juga sangat baik untuk mengatasi acid reflux. Selain itu, buah ini mengeluarkan banyak lendir, yang melindungi dinding usus dari asam lambung. Namun, sekitar 1 persen kondisi acid reflux diperparah oleh pisang. Jadi, tiap orang memiliki reaksi yang berbeda.

6. Melon
Buah dengan pH 6,1 (cenderung basa) ini aman dimakan bagi yang rentan mengalami heartburn. Tapi sama seperti pisang, ada juga yang tidak cocok memakannya. Selain melon, semangka dan blewah juga aman.

7. Adas
Dengan pH 6,9 adas merupakan makanan yang baik untuk acid reflux. Selain itu makanan ini juga bisa membantu masalah pencernaan seperti mules. Ramuan adas yang mengandung phytonutrient anti-inflamasi dipercaya dapat membuat dinding perut lebih rileks.

8. Ayam dan kalkun
Daging unggas, seperti ayam dan kalkun cukup aman untuk diet refluks, tapi tidak digoreng. Sebaiknya olah dengan cara direbus, panggang atau bakar tanpa kulit yang mengandung tinggi lemak.

9. Ikan dan seafood
Sama seperti daging unggas, makanan laut seperti ikan, udang, lobster dan kerang juga sebaiknya tidak digoreng agar tidak memicu refluks. Ikan yang tidak diternak atau dibudidayakan lebih dianjurkan.

10. Sayuran hijau
Brokoli, bunga kol dan beragam sayuran hijau cocok untuk menghindari acid reflux karena memiliki tingkat asam yang rendah.

11. Seledri
Seledri hampir tidak memiliki kalori karena kandungan airnya yang tinggi, dan merupakan pilihan tepat jika Anda memiliki acid reflux. Seledri juga merupakan sumber penekan nafsu makan dan sumber makanan yang sangat baik.

12. Peterseli
Selama ribuan tahun, tanaman yang lebih sering digunakan untuk garnish ini dikenal sebagai obat sakit perut dan memperbaiki sistem pencernaan.

13. Couscous dan nasi
Couscous (semolina wheat), bulgur gandum, dan beras (terutama beras merah) adalah makanan yang luar biasa untuk acid reflux. Karbohidrat kompleks merupakan karbohidrat yang baik.(detik)


Home