Ingat..!Mencuci Daging Ayam Sebelum Dimasak itu Tidak Sehat

Para ibu mungkin terbiasa untuk mencuci setiap bahan makanan mentah sebelum dimasak. Mencuci buah dan sayuran memang langkah terbaik untuk membilas sisa-sisa kotoran dan pestisida yang mungkin masih menempel.

Namun khusus untuk ayam, mencuci daging ayam mentah justru berbahaya bagi kesehatan. Apa sebabnya?

Dilansir hellosehat.com, mencuci daging ayam mentah justru menigkatkan risiko penyebaran infeksi. Sebab, ada banyak bakteri yang terdapat pada daging ayam mentah.

Bakteri yang biasanya terdapat pada daging ayam adalah Campylobacter, penyebab utama dari infeksi saluran cerna seperti diare.

Itu sebabnya agar tidak terjangkit diare (atau yang lebih parah, keracunan makanan), bunda sebaiknya tak mencuci ayam terlebih dulu sebelum diolah.

Di lain sisi, kuman dan bakteri penyakit yang dibilas tersebut malah bisa berpindah tempat ke bagian dapur lain, peralatan masak di sekitarnya, bahkan hinggap di baju karena terkena cipratan air.

Lalu jika tidak dicuci, bagaimana bakteri dalam daging ayam bisa mati? Berikut penjelasannya:

1. Masak Hingga Matang
Jika memasak ayam dengan benar, bakteri dan kuman akan tetap hilang dan mati. Bakteri tidak dapat hidup di suhu yang tinggi, sehingga
untuk membuat semua kuman-kuman mati, ayam harus dimasak di suhu minimal 75 derajat Celsius.

2. Jangan Cairkan Daging Ayam Beku di dalam Suhu Ruangan
Bila memang daging ayam masih beku, maka sebaiknya pindahkan daging dari freezer ke kulkas bagian bawah. Pastikan bahwa daging tertutup rapat.

Membiarkan daging di luar ruangan hanya akan menarik bakteri untuk tumbuh di daging.

3. Pastikan Peralatan Memasak Sudah Bersih
Biasanya kontaminasi bakteri sangat mudah terjadi akibat penggunaan peralatan masak yang tidak bersih. Cuci peralatan masak, seperti pisau dan talenan setelah menggunakannya untuk memotong bahan makanan apapun.

Jika tidak, hal ini akan menimbulkan kontaminasi silang, yang kemudian membuat bakteri menempel pada makanan.(jawapos)


Home