Inilah Penyebab Orang suka Intip FB Mantan

Kenapa sudah putus cinta tapi Anda masih selalu ingin tahu hal apapun yang berhubungan dengan mantan kekasih? Ilmuwan mengungkapkan memang ada tipe orang yang kepo atau ingin tahu mengenai mantannya walaupun jalinan asmara sudah kandas. Inilah sebabnya.

Ilmuwan di Universitas Hawaii dan Universitas Ohio melakukan riset untuk mengetahui tipe orang yang cenderung suka memantau Facebook atau media sosial lainnya milik mantan pasangannya pasca hubungan berakhir. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 150 pria dan 281 wanita berusia 18 sampai 42 tahun sebagai responden. Seluruh responden penelitian ini mengalami putus cinta setidaknya setahun terakhir. Para responden juga memiliki akses untuk melihat media sosial mantan kekasih mereka.

Seperti dikutip Huffington Post, penelitian dilakukan dengan menganalisa tipe hubungan yang dijalani responden. Ada dua tipe hubungan yang diteliti yaitu, mereka yang selalu merasa gelisah dengan hubungan cintanya dan mereka yang cenderung menghindar dalam menjalani hubungan. Orang tipe pertama tanda-tandanya adalah mereka yang kepercayaan diri menurun dan selalu merasa tidak yakin dengan hubungan yang dijalani. Sedangkan orang tipe kedua adalah mereka yang tidak percaya dengan pasangannya dan cenderung menghindari hubungan yang lebih serius.

Saat penelitian dilakukan, para ilmuwan meminta responden memberikan skala seberapa mereka setuju atau tidak setuju pada pernyataan yang disebutkan. Pernyataan itu misalnya, 'aku butuh lebih banyak diyakinkan bahwa memang aku benar dicintai oleh pasanganku' atau 'aku biasanya membahas masalah-masalah dalam hubungan dengan pasangan.'

Selain hal di atas, para ilmuwan juga melihat siapa yang berinisiatif memutuskan hubungan, seberapa besar komitmen responden untuk menjalani hubungan dan apakah ada orang ketiga dalam hubungan yang dijalani responden. Peneliti juga mengukur seberapa besar tingkat stres yang dialami responden pasca putus cinta dan seberapa sering responden 'mengintip' Facebook mantannya pasca jalinan asmara berakhir.

Setelah diteliti, bagaimana temuan dari ilmuwan di dua universitas tersebut? Peneliti menemukan bahwa orang yang selalu merasa gelisah dengan hubungan cintanya cenderung lebih berkomitmen dengan pasangannya. Sehingga hal ini membuat mereka menjadi lebih stres dan suka memantau media sosial mantan pasca putus cinta. Tingkat stres dan perasaan ingin tahu orang-orang tipe ini akan semakin menguat ketika ternyata bukan mereka lah yang memutuskan hubungan asmara tersebut.

Dari riset ini diketahui juga orang yang lebih sakit hati dengan kandasnya hubungan cinta adalah mereka yang memperpanjang perasaan sakitnya dengan memantau media sosial mantan kekasih. Oleh karena itu para ilmuwan dalam penelitian ini menyarankan sebaiknya orang-orang memutuskan pertemanan dengan mantan pacar mereka di media sosial pasca jalinan cinta putus agar perasaan sakit hati itu tidak terasa lebih menyakitkan.(wolipop)




Home