Tips Agar Orangtua Memahami Maksud Anak

Orangtua adalah pembuat aturan dalam keluarga, dan anak sebagai anggota yang harus mematuhi orangtua. Sebagai anak yang patuh mereka berupaya mengikuti aturan orangtua, tetapi ada kalanya orangtua perlu memahami alasan-alasan anak mengapa mereka tidak mengerjakan perintah orangtua.

Tidak mudah membuat orangtua mengerti maksud anak. Oleh sebab itu, anak perlu cara khusus agar orangtua mau memahami. Berikut ini tips agar orangtua mau mendengar alasan anak.

Pilih waktu tepat
Jika Anda tak setuju dengan aturan atau saran orangtua, maka jangan langsung menyangkal. Siapkan waktu khusus dan lihat situasi untuk bicara pada oangtua. Waktu yang tepat untuk bicara adalah saat orangtua dalam keadaan tenang dan santai.

Atur sikap dan nada bicara
Untuk mengemukakan alasan kepada orangtua, anak harus bicara yang santun dan penuh kehati-hatian. Jangan bicara dengan nada keras dan memandang dengan mata sinis atau terlihat menantang.

Menulis surat
Bila Anda tak mampu bicara langsung atau khawatir orangtua tak paham, maka cobalah menulis surat untuknya. Ini adalah cara terbaik untuk mengungkapkan perasaan dan alasan Anda.

Dengarkan alasannya
Komunikasi harus berjalan dua arah, jadi jangan memonopoli percakapan. Orangtua memiliki hak untuk menjelaskan maksud aturannya. Jika ingin berargumen jangan terkesan menentang. Jelaskan baik-baik. Demikian dilansir Allwomenstalk. (okezone)


Home